Pengertian Shared Hosting Sebagai Pertimbangan di Dunia Website

Pengertian Shared Hosting

Pada bidang pembuatan website, terdapat berbagai jenis web hosting yang bisa digunakan oleh pengelola situs salah satunya yaitu shared hosting. Ini adalah tipe yang paling sederhana. Dan tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Lalu, apa itu pengertian shared hosting?

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting merupakan jenis layanan hosting yang menggunakan beberapa situs web yang ditempatkan di server fisik yang sama. Layanan yang disediakan oleh server juga digunakan bersama. Dengan cara ini, pemilik situs web tidak perlu memikirkan pengaturan server.

Namun, pada saat yang sama tidak dapat sepenuhnya mengakses fungsi hosting webnya. Penyedia shared hosting umumnya bertanggung jawab atas masalah manajemen server. Ini termasuk instalasi perangkat lunak, pembaruan keamanan, dan masalah teknis.

Selain itu, penyedia layanan juga harus mengelola administrasi sistem agar situs Web yang dimasukkan di server dikelola dengan benar. Layanan di hosting ini digunakan bersama, sehingga biayanya juga ditanggung bersama. Hal ini membuat shared hosting biasanya memiliki harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan jenis hosting yang lain.

Jika telah memahami pengertian shared hosting, hosting ini memang lebih cocok untuk mereka yang baru masuk ke bidang website. Dengan harga yang murah, Anda tentu bisa menekan modal yang dikeluarkan.

Selain itu, pemilik website tidak perlu memikirkan masalah server dan bisa fokus pada pengembangan website. Meski begitu, pengguna lama juga tetap dapat menggunakan shared hosting yang terpenting adalah resource yang digunakan tidak terlalu besar.

Jenis hosting ini memang dikenal paling murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Oleh karena itu jika Anda masih mempertimbangkan budget maka shared hosting mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Hosting bersama menggunakan server yang sama dan dikelola oleh penyedia. Hal ini membuat pengguna tidak harus memikirkan pemeliharaan server secara rutin.

Begitu juga ketika ada masalah dengan server maka Anda cukup melaporkan masalah tersebut ke tim dukungan shared hosting mereka. Tidak perlu mempertimbangkan penyediaan administrator sistem dan biaya pemeliharaan. Ini adalah tanggung jawab manajer server. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan shared hosting setelah memahami pengertian shared hosting dan keunggulannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel