4 Fakta Klinik Tumbuh Kembang Anak yang Orang Tua Wajib Tahu

Fakta Klinik Tumbuh Kembang Anak

Klinik tumbuh kembang anak – Tumbuh dan kembang anak ini menjadi hal yang sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Jika anak tidak bisa tumbuh dan berkembang sesuai usia yang seharusnya maka orang tua harus waspada dan segera membawa anak konsultasi ke klinik tumbuh dan kembang anak. 

Semakin cepat anak mendapatkan perawatan dan penanganan akan semakin bagus.  Anak bisa diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan masalah tumbuh dan kembangnya.Klinik tumbuh kembang sendiri merupakan klinik yang mana menangani anak-anak yang mana mengalami masalah dengan tumbuh kembang mereka. 

Masalah yang bisa dialami tersebut bisa karena kelainan ketika lahir atau kemampuan anak yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan anak yang lainnya. Klinik ini akan membantu memantau perkembangan anak bahkan membantu stimulasi tumbuh kembang anak agar bisa mencapai seperti yang diharapkan. Ada beberapa fakta klinik tumbuh kembang anak yang harus orangtua ketahui seperti berikut ini:

Memeriksa Secara Lengkap

Sebelum anak diberikan penanganan yang tepat dokter anak tumbuh kembang ini akan melakukan pemeriksaan kepada anak secara lengkap mulai dari berat badan, tinggi badan dan juga lingkar kepala. Tidak hanya memeriksa anak saja namun juga memeriksa bayi yang mana mengalami masalah dengan tumbuh dan kembangnya. 

Diagnosis Masalah

Klinik tumbuh kembang anak ini juga mampu melakukan diagnosis masalah. Klinik bisa tahu masalah yang menimpa sang anak apakah motoriknya, bahasanya, konsentrasinya dan sebagainya. Jenis terapi maupun pengobatan akan disesuaikan dengan masalah tumbuh kembang yang dialami oleh anak. Misalnya anak terlambat berjalan akan dilakukan stimulasi-stimulasi yang bisa merangsang anak bisa segera berjalan.

Intervensi dan Lama Waktunya

Yang harus orang tua ketahui disini adalah intervensi atau terapi yang diberikan ini akan disesuaikan dengan masalah gangguan perkembangan anak. Intervensi akan memakan waktu yang cukup lama atau tergantung dengan ringan atau beratnya masalah yang gangguan tumbuh kembang yang dialami oleh anak. 

Semakin ringan maka intervensinya semakin cepat begitu pula sebaliknya. Untuk masalah berjalan atau bergerak, stimulasi yang dilakukan minimal 6 bulan sehingga orang tua harus tetap sabar dan semangat untuk terus mendampingi buah hatinya agar terapinya bisa terus berjalan dengan lancar. Jangan menghentikan terapi di tengah jalan karena membuat hasilnya tidak menjadi maksimal.

Bisa untuk Bayi

Bayi pun juga harus dibawa ke klinik tumbuh kembang. Bayi yang membutuhkan klinik tumbuh kembang adalah yang lahir dengan berat badan rendah, lahir secara prematur dengan usia kehamilan kurang dari 32 minggu. Selain itu bayi dengan gangguan kesehatan masa perinatal, bayi dengan infeksi bawaan atau congenital misalnya cytomegalovirus, toxoplasma, rubella maupun syphilis, bayi dengan kelainan bawaan seperti down syndrome maupun trisomi 21 juga membutuhkan bantuan klinik tumbuh kembang.

Jika Anda mendeteksi adanya gangguan perkembangan pada anak Anda bisa berkonsultasi dengan OMDC yang mana menjadi klinik tumbuh kembang anak terbaik dan profesional, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel