Mengenal Jenis-Jenis Domain dan Contohnya

Mengenal Jenis-Jenis Domain dan Contohnya

Domain adalah sebuah nama yang sengaja diberikan oleh penyedia situs web untuk situs web mereka. Dengan adanya domain dapat mempermudah para pengguna internet untuk menemukan sebuah alamat atau halaman website yang akan mereka tuju. Hal itu dikarenakan tanpa adanya domain, IP atau internet protocol akan menyulitkan pengguna untuk dapat menemukan, mengingat sebuah website di internet. 

Berbicara mengenai domain, banyak sekali yang harus diketahui oleh semua orang terutama seorang yang terjun di dunia website dan blogging. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi untuk dapat mengenal jenis-jenis domain dan contohnya. Berikut adalah ulasannya :

1. Domain tingkat atas atau TLD

Jenis-jenis domain pertama yang harus anda kenal adalah domain tingkat atas atau TLD. Domain ini adalah tambahan atau eksistensi yang biasanya terletak pada akhir nama sebuah domain. Di dalam TLD ini juga terdapat tiga jenis domain yakni generic top level domain (GTLD) yang biasa digunakan untuk website yang mendunia dan global seperti .com, .org, .net, .edu , country code top level domain (CCTLD), biasanya digunakan sebagai domain lokal sebuah negara seperti .id, .US. dan yang terakhir adalah premium top level domain (PTLD) yakni domain yang bisa dibuat custom seperti .site, .web, .host dan lainnya. 

2. Domain tingkat kedua atau SLD

Untuk mengenal jenis-jenis domain berikutnya yakni domain tingkat kedua tau biasa dikenal sebagai SLD. Selain dikenal sebagai SLD, domain ini juga biasa disebut dengan 2LD. Domain yang satu ini biasanya digunakan pada sebuah nama organisasi ataupun instansi. Domain ini memiliki keunikan yakni dapat digunakan dengan cara membelinya atau juga sendiri. 

3. Domain tingkat ketiga (TLD)

Berikutnya yang juga harus anda jetahui tentang jenis-jenis domain adalah domain tingkat ketiga.domain ini juga bisa dikenal dengan nama sub domain. Contohnya, jika domain ini dibuat untuk keperluan blog maka biasanya domain akan berbentuk seperti blog.nama domain.com. sedangkan jika sebuah domain dibuat untuk keperluan email, maka domain yang dihasilkan akan berbentuk seperti webmail.namadomain.com. 

Untuk menemukan informasi lain seputar dunia website dan domain, anda bisa mengunjungi anakSEO. Disana anda bisa menemukan informasi lebih lengkap dan jelas. Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai mengenal jenis-jenis domain dan contohnya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel