Harga dan Spesifikasi Oppo A5s

Harga dan Spesifikasi Oppo A5s

Oppo A5s adalah seri ponsel pintar dari Oppo yang resmi diperkenalkan untuk pasar Indonesia pada bulan Maret 2019, dengan segmentasi di bawah seri andalan seperti F11 atau R17 Pro. Namun bukan berarti ponsel ini absen dengan daya tarik.

Mengincar pengguna menengah dan pemula, Oppo A5s bisa menjadi pilihan karena harga memikat yakni dibawah 2 jutaan saja, performa yang memadai, dan didukung oleh baterai yang andal, membuatnya bisa menjadi ponsel yang teruji untuk ponsel pertama.

Jangan berpikir bahwa Oppo A5s hanya menjadi seri "pengganjal" untuk line-up ponsel pintar dari Oppo. Simak Harga dan Spesifikasi Oppo A5s ini untuk mengetahui kenapa seri ponsel ini memiliki pesona untuk bisa dibawa pulang dan dipakai sehari-hari. 

Oppo A5s - Desain Ringkas dan Fungsional

Punggung A5s mengingatkan kita akan era warna-warna ponsel pintar yang sederhana, satu warna. Bukan lagi warna gradasi, refleksi, atau sesuatu yang lebih kompleks.

Tersedia dalam dua pilihan warna yakni merah dan hitam, bagian belakang A5s terlihat sederhana dengan logo Oppo di bawah sensor sidik jari fisik berbentuk oval, serta kamera dua lensa di pojok kiri atas yang disusun secara horizontal berbingkai warna metalik.

Warna yang ada di bagian belakang akan lebih mengkilat dibandingkan sisinya, bila diamati akan memperlihatkan dua corak warna yang berbeda.

Colokan Micro USB untuk pengisian daya dan transfer data ada di bagian bawah, diapit oleh jack audio dan grill pengeras suara sementara sisi kanan terdapat tombol fisik daya, tombol pengaturan volume ada di sisi kiri bersama slot kartu SIM. Secara keseluruhan, desain Oppo A5s terlihat sederhana tapi tidak terkesan murahan. 

Oppo A5s - Layar dengan Poni Minimalis

Bagian muka dari A5s adalah layar sentuh dengan bentang 6,2 inci berteknologi pelindung Gorilla Glass dari Corning dan mampu menampilkan resolusi gambar 1520x720 piksel. Kualitas tampilan tergolong baik untuk berbagai kegiatan, termasuk menonton video atau membaca teks.

Rasio layar dari A5s adalah 19:9, membuatnya bisa memiliki bentang layar yang lebar tapi pada saat yang sama juga nyaman untuk digenggam. Layar sentuh ponsel pintar ini hampir menyelimuti bagian muka meski hanya menyisakan pengecualian di bagian atas dengan bentuk tetesan air untuk ditempatkan sensor kamera depan.

Pengalaman menggunakan A5s terasa cukup menyenangkan. Isi layar untuk navigasi aplikasi maupun menggunakan berbagai layanan mulai media sosial hingga browser cukup nyaman berkat layar yang lega. Menonton video YouTube atau main game juga tetap asyik, dengan layar yang lega dan nyaris tanpa bingkainya. 

Oppo A5s - Performa Cukup dengan Fitur Melimpah

Dibantu oleh System on Chip (SoC) Helio P35 dari Mediatek serta RAM 2GB dan penyimpanan internal 32 GB, navigasi antarmuka A5s cukup lancar. Memori internal 32GB masih cukup lapang untuk memasang aplikasi-aplikasi yang menjadi standar bagi pengguna muda saat ini seperti media sosial atau messaging seperti WhatsApp.

Oppo A5s bisa diandalkan untuk main game ringan dengan kompromi. Jangan harap game akan berjalan mulus dan lancar jaya, tapi setidaknya game masih bisa dimainkan jika kamu termasuk orang yang sabar. Ini bukan kejutan mengingat cukup jarang ponsel di kelas harganya yang diperuntukkan bagi penggemar game.

Manajemen sumber daya komputasi dari ponsel pintar ini dikelola oleh varian sistem operasi Android yang dikembangkan Oppo sendiri yakni Color OS. Dengan versi sistem operasi 5.2, varian ini setara dengan Android Oreo 8.1.

Terdapat fitur-fitur yang dipersiapkan khusus oleh Oppo melalui sistem operasi Color OS, seperti tema-tema khusus, pasar aplikasi tersendiri di samping Play Store dari Google, hingga manajemen sumber daya untuk membuat ponsel tidak lagi dibebani proses yang tidak perlu.

Bagi sesama pengguna ponsel bermerek Oppo, terdapat layanan Oppo Share yang memudahkan transfer file secara cepat, lebih cepat dari koneksi Bluetooth sekalipun.

Color OS tidak membuat navigasi menu menjadi asing bagi pengguna baru. Mereka yang sudah memakai ponsel dengan sistem operasi Android sebelumnya akan dengan mudah membiasakan diri.

Baterai dengan kapasitas 4.230 mAh membuat ponsel ini bak pelari maraton yang tahan menghadapi tekanan penggunaan sehari-hari. Pengguna tidak perlu khawatir dan terlampau bergantung pada perangkat seperti powerbank atau berburu colokan listrik setiap saat.

Berdasarkan penggunaan, kondisi bersiaga (standby) ponsel ini bisa berlangsung lebih dari dua hari. Penggunaan yang padat memang membuatnya jadi satu hari, tapi setidaknya cukup dalam satu hari hingga bertemu colokan listrik di rumah pada malam hari. 

Oppo A5s - Kamera Ganda di Belakang

Terdapat sepasang sensor kamera di punggung A5s yang terdiri dari sensor dengan resolusi 13 megapiksel berdiafragma f/2.2 dan ditemani sensor 2 megapiksel untuk menangkap kedalaman, akan bermanfaat bila mengambil gambar dalam mode potrait agar bisa memisahkan objek dan latar belakang.

Di layar depan, ada sensor kamera dengan resolusi 8 megapiksel dan diafragma f/2.0.

Moda yang tersedia dalam aplikasi kamera ponsel ini tidak menyerahkan moda yang beragam, meski demikian cukup untuk berbagai kebutuhan. Moda tersebut adalah panorama, foto, video, dan portrait. Moda yang sama juga akan ditawarkan saat kamera depan yang diaktifkan.

Kualitas foto yang ditangkap ponsel ini terbilang standar. Hasil foto akan maksimal jika diambil dalam kondisi pencahayaan yang ideal serta dipegang dengan kokoh. Jika dibandingkan dengan Oppo F Series, hasil foto A5s masih kalah jauh. Tapi ini wajar mengingat selisih harganya yang cukup jauh.

Harga Oppo A5s

OPPO A5s 32GB 2GB Rp 1.647.700 

OPPO A5s 32GB 3GB Rp 1.849.000 

Spesifikasi Oppo A5s

Chipset

           

Mediatek MT6765

           

RAM

           

2GB / 3GB

           

Memori internal

           

32GB

           

Layar

           

6,2 inch HD+ (1520 x 720 pixel)

           

Kamera belakang

           

13 megapixel f/2.2 & 2 megapixel f/2.4

           

Kamera depan

           

8 megapixel f/2.0

           

Baterai

           

4230mAh

           

Dimensi

           

155.9mm x 75.4mm x 8.2mm

           

Bobot

           

170 gram

           

Warna

           

Red , Black

           

Kesimpulan Oppo A5s

Dengan segala yang ditawarkan Oppo A5s, ada beberapa kekuatan sekaligus kelemahan dari ponsel ini. Kekuatannya dimulai dari baterai yang membuat stamina ponsel tahan seharian dalam kondisi penggunaan penuh, serta desain yang mumpuni untuk ponsel di rentang harga tersebut.

Keberadaan sensor sidik jari juga memberikan jaminan keamanan pada pengguna atas data yang mereka simpan di dalam ponsel. Rasio layar 19:9 membuatnya nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Harga jual pun bisa menjadi salah satu daya tarik untuk ponsel ini. Persaingan memang makin ketat di rentang harga ini, tapi kelebihan yang dimiliki A5s membuatnya punya posisi tawar yang kuat.

Sekarang, kelemahan yang dimiliki adalah spesifikasi yang membuatnya sulit memasang banyak aplikasi. Mulai dari media sosial yang kian rakus menghabiskan sumber daya, hingga permainan daring yang sedang populer seperti Player Unknown Battlegrounds (PUBG) atau judul lainnya.

Ponsel ini cocok untuk mereka yang ingin berkenalan dan mencari perangkat pertama untuk mencoba, begitu pula para pelajar yang membutuhkan fungsi dasar dari ponsel pintar seperti messaging atau media sosial, Oppo A5s bisa memenuhinya.

Nah, setelah melihat Harga dan Spesifikasi Oppo A5s. Apakah kamu tertarik untuk membeli ponsel yang satu ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel