Cara Membuat Jaringan Komputer di Rumah Sendiri

Cara Membuat Jaringan Komputer


Jika Anda memiliki beberapa Perangkat komputer di dalam rumah, Anda dapat menghubungkan masing-masing komputer tersebut satu sama lain dan berbagi data, perangkat lunak, dan perangkat keras termasuk koneksi Internet tunggal. Ada banyak kegunaan kreatif untuk jaringan rumah, namun ini merupakan situasi yang ideal ketika memutakhirkan setiap komputer dengan kemampuan yang sama secara finansial keluar dari pertanyaan. Pada jaringan rumah, setiap komputer memiliki akses ke peralatan mesin yang lebih baik dalam kelompok seolah-olah peralatan itu milik mereka sendiri.

Menghubungkan komputer dengan kabel Ethernet atau koneksi Nirkabel dapat membuat jaringan rumah. Metode termudah dan termurah menggunakan koneksi Ethernet, yang membutuhkan serangkaian kartu jaringan, kabel untuk setiap komputer, dan router.

Anda ingin pertama-tama, memilih komputer yang akan terhubung satu sama lain dan kemudian memasang kartu jaringan di dalamnya. Lalu Kemudian Anda akan menghubungkannya menggunakan  kabel ke setiap komputer yang sudah terhubung dengan Komputer server. Kabel-kabel ini tidak akan terhubung ke server secara langsung. Sebagai gantinya, mereka akan terhubung ke router. Untuk mengaktifkan akses Internet untuk setiap komputer, router ini harus terhubung dengan modem dari mesin host.

Setelah perangkat keras dipasang dengan benar (Anda harus membaca manual instruksi peralatan Anda untuk detailnya), Anda kemudian dapat mengatur jaringan dari Windows di setiap mesin. Di dalam Windows, Anda dapat mengatur jaringan rumah yang mirip dengan cara Anda mengatur koneksi Internet. Hanya kali ini, Anda akan mengatur koneksi LAN (Local Area Network).

Windows akan memandu Anda melalui pengaturan LAN setelah memulai komputer dan setelah selesai, Anda dapat mulai menghubungkan salah satu mesin Anda ke jaringan. Anda dapat melakukan ini melalui Internet Explorer dengan mengetikkan alamat dan kata sandi yang diperlukan untuk mengakses router (alamat dan kata sandi yang diperlukan untuk mengakses router akan ada di manual router).

Tersambung ke jaringan, setiap komputer dapat mengirim file bolak-balik, membuka program pada komputer jarak jauh, memutar file suara dan video yang terletak di komputer lain, dan berbagi satu akun Internet untuk menjelajahi web, mengunduh file, atau mengobrol dengan seseorang di negara yang sama sekali berbeda. Jika satu printer tersedia hanya pada satu komputer dalam jaringan, setiap PC yang terhubung dapat mengirim dokumen ke sana dan mencetaknya. Anak-anak akan menikmati kemampuan untuk memainkan permainan multi-pemain dan orang dewasa akan menikmati kemampuan untuk meledakkan satu pesan untuk semua orang sekaligus atau mempertahankan jadwal grup.

Karena kami menggambarkan jaringan rumah yang akan terhubung ke Internet, Anda sangat disarankan untuk menginstal program firewall pelindung untuk menggagalkan virus Internet, worm, atau kode spyware yang merusak lainnya. Firewall mencegah - tetapi tidak diperbaiki. Hanya program anti-virus dan anti-spyware yang dapat membalikkan kerusakan. Jadi, Anda harus menginstal firewall di komputer yang memberikan akses ke komputer, dan kemudian menginstal program anti-virus dan anti-spyware di setiap komputer yang tersisa di jaringan.

Jika Anda memiliki file yang tidak boleh dibagikan (laporan bank, informasi kartu kredit, dll.), Anda dapat membatasi aksesnya dengan salah satu dari beberapa cara. Anda bisa meletakkannya di folder baru dan kemudian menghapus izin "baca" untuk folder itu. Atau Anda dapat menentukan siapa yang dapat (dan siapa yang tidak bisa) mengakses file tertentu dengan kata sandi dari dalam Panel Kontrol Windows.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel